Bimtek Keselamatan Kesehatan Kerja dan Pelatihan Pemadam Kebakaran

Spread the love

Madiun- Hasil dari kegiatan ini peserta harus mengerti dan memahami betapa pentingnya pelaksanaan K3 di perusahaan, serta dapat mengimplementasikannya di tempat kerja masing-masing, dan dari hasil praktek yang dilaksanankan seluruh peserta bisa mempraktekkan tata cara dan prosedur memadamkan api dengan benar dan selamat. Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu dan Kamis 27-28 Februari 2019 di Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun. Peserta berjumlah 27 orang dari unsur pekerja dan manajemen.

Pekerja atau buruh merupakan salah satu komponen bangsa yang berperan besar dalam menggerakkan roda pembangunan melalui kegiatan produk di tempat kerja. Disisi lain pekerja atau buruh selalu berhadapan dengan berbagai potensi bahaya kecelakaan kerja baik yang disebabkan oleh perilaku kerja yang tidak aman ataupun kondisi lingkungan kerjaa yang tidak aman. Dinamika dunia kerja juga harus kita antisipasi dalam hal meningkatnya potensi kebakaran dan perilaku kerja yang tidak aman, yang disebabkan karena semakin cepatnya proses produksi dalam suatu perusahaan.

Sehingga kadang faktor K3 kurang begitu diperhatikan baik oleh pengusaha ataupun oleh pekerja sendiri. Dengan begitu maka peran serta Pemerintah Kota Madiun dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja berkewajiban untuk mendorong para pengusaha dan pekerja lebih mengutamakan penerapan K3 dalam perusahaannya, sehingga potensi bahaya kecelakaan kerja utamanya kebakaran bias diminimalisir dan dilakukan pencegahan supaya tidak terjadi. Tindak lanjut dari hasil kegiatan yaitu perusahaan membuat SOP sehingga dengan mudah biasa menyusun job safety analisis, dan pekerjaan bias diketahui potensi bahayanya.